2022

Buku Smk Bisnis Administrasi Kesekretarisan

Buku Smk Bisnis Administrasi Kesekretarisan
Buku Smk Bisnis Administrasi Kesekretarisan
Berikut ini ialah berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Bisnis Manajemen Kesekretarisan Jilid 1 2. Download file PDF.

 Berikut ini ialah berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Bisnis Manajemen Kesekretarisan Jilid  Buku Sekolah Menengah kejuruan Bisnis Manajemen Kesekretarisan
Buku Sekolah Menengah kejuruan Bisnis Manajemen Kesekretarisan

Buku Sekolah Menengah kejuruan Bisnis Manajemen Kesekretarisan

Buku Sekolah Menengah kejuruan Bisnis Manajemen Kesekretarisan ini diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008.

Buku teks pelajaran ini telah melalui proses evaluasi oleh Badan Standar Nasional Pendidikan sebagai buku teks pelajaran untuk Sekolah Menengah kejuruan dan telah dinyatakan memenuhi syarat kelayakan untuk dipakai dalam proses pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 45 Tahun 2008 tanggal 15 Agustus 2008.

Untuk memudahkan pembaca dalam mempelajari isi buku, maka buku Kesekretarisan ini disusun menjadi 2 (dua) jilid. Buku Kesekretarisan Jilid 1 memuat 7 bab, yaitu Pendahuluan; Organisasi dan Kantor; Sarana Kantor; Organisasi dalam Kantor; Perencanaan Kerja Kantor, Efisiensi Pekerjaan, dan Kerja Sama; Tata Kerja, Sistem Kerja, Hubungan Kerja dan Kepemimpinan; serta Keselamatan, dan Kesehatan Kerja . Adapun untuk buku Kesekretarisan Jilid 2 memuat 6 bab, yaitu Profesi Sekretaris, Manajer Kantor, dan Pegawai Administrasi; Kompetensi Khusus dan Moral Sekretaris; Empat Kemahiran Bahasa; Mengelola dan Menjaga Sistem Kearsipan; Proses Transaksi Akuntansi, serta Keterampilan Komunikasi dan Korespondensi.

Buku ini berjudul Kesekretarisan sehingga sepintas kemudian ibarat buku ini yang membahas bahan ihwal sekretaris, tetapi sesungguhnya buku ini membahas bahan manajemen perkantoran; sehingga bahan ihwal profesi sekretaris hanya merupakan salah satu bagian.

Buku ini disusun menurut kompetensi yang ditentukan sesuai Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Program Keahlian Administrasi Perkantoran. Ada 18 kompetensi yang kemudian dijadikan sebagai titik tolak penulisan buku. Ke-18 kompetensi tersebut ialah sebagai berikut:
  1. Bekerja sama dengan kolega dan pelanggan.
  2. Mengikuti mekanisme keamanan, keselamatan, dan kesehatan kerja.
  3. Berkomunikasi melalui telepon.
  4. Menggunakan peralatan kantor.
  5. Merencanakan dan melaksanakan pertemuan.
  6. Melakukan mekanisme administrasi.
  7. Mengikuti hukum kerja sesuai dengan lingkungan kerja.
  8. Menjaga dan melindungi budaya kerja.
  9. Mengatur penggandaan dan pengumpulan dokumen.
  10. Menangani surat masuk dan keluar.
  11. Membuat dan menjaga sistem kearsipan untuk menjamin integritas.
  12. Mencatat dikte untuk mempersiapkan naskah.
  13. Menghasilkan dokumen sederhana.
  14. Menciptakan dan membuatkan naskah untuk dokumen.
  15. Mengatur perjalanan bisnis.
  16. Memberikan pelayanan kepada pelanggan.
  17. Mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi.
  18. Memproses transaksi keuangan.

Berdasarkan 18 kompetensi yang ditentukan di dalam kurikulum, buku ini membahas secara meluas materi-materi perkantoran yang berkaitan dengan pekerjaan tiga jenis profesi: sekretaris, manajer kantor, dan pegawai manajemen yang menjadi sasaran buku ini. Materi-materi tersebut adalah: kantor, organisasi, manajemen perkantoran, sarana kantor, tata ruang kantor, pengorganisasian dalam kantor, perencanaan kerja, efisiensi pekerjaan, efisiensi dalam kantor, tata kerja, sistem kerja, hubungan kerja, kepemimpinan, kepengikutan, pengamanan, keselamatan kerja, kesehatan kerja, profesi sekretaris, profesi manajer kantor, profesi pegawai administrasi, kompetensi khusus sekretaris, budbahasa sekretaris, empat keterampilan bahasa yang harus dikuasai oleh sekretaris, manajer kantor maupun pegawai administrasi, kearsipan dan pengarsipan yang juga harus dikuasai oleh ketiga profesi itu, akuntansi dasar dan keuangan, dan keterampilan komunikasi dan korespondensi dan sebagainya.

Khususnya bahasan yang berkaitan dengan bahan korespondensi, dalam buku ini, selain membahas korespondensi bahasa Indonesia dan korespondensi bahasa Inggris; juga dibahas korespondensi bahasa Jepang. Korespondensi bahasa Jepang dianggap perlu untuk diajarkan mengingat bahwa korespondensi Jepang, akhir-akhir ini, pemakaiannya memiliki frekuensi yang sangat tinggi. Hal tersebut, ditandai sejalan dengan semakin berkembangnya hubungan bisnis antara Indonesia dan Jepang. Sementara itu, bobot bahan yang diajarkan, diserahkan sepenuhnya kepada sekolah dan tenaga guru yang ada di masing-masing sekolah.

Berdasarkan 18 kompetensi yang ditentukan di dalam kurikulum dan isi materi, buku ini bertujuan mencetak tenaga lulusan yang nantinya mampu dipekerjakan sebagai: 1. Sekretaris, yaitu sekretaris organisasi atau sekretaris kantor, atau sekretaris perorangan pimpinan, atau sekretaris eksklusif tokoh masyarakat; 2. Manajer kantor, yaitu pimpinan sebuah kantor manajemen baik pemerintah maupun swasta, kantor forum pemerintah maupun kantor tubuh perjuangan swasta; 3. Pegawai manajemen yaitu karyawan kantor yang menangani urusan manajemen perkantoran, baik pemerintah maupun swasta.

Delapan belas kompetensi yang ditentukan di dalam kurikulum tersebut, kemudian diramu menjadi bahan pelajaran sebanyak 12 bab. 
Bab I : Pendahuluan
Bab II : Organisasi dan Kantor
Bab III : Sarana Kantor
Bab IV : Organisasi dalam Kantor
Bab V : Perencanaan Kerja Kantor, Efisiensi Pekerjaan, dan Kerja Sama.
Bab VI : Tata Kerja, Sistem Kerja, Hubungan Kerja dan Kepemimpinan
Bab VII : Keamanan, Keselamatan, dan Kesehatan Kerja
Bab VIII : Profesi Sekretaris, Manajer Kantor, dan Pegawai Administrasi
Bab IX : Kompetensi Khusus dan Moral Sekretaris
Bab X : Empat Kemahiran Bahasa
Bab XI : Mengelola dan Menjaga Sistem Kearsipan
Bab XII : Proses Transaksi Akuntansi
Bab XIII : Keterampilan Komunikasi dan Korespondensi

Isi ringkas dari masing-masing potongan beserta kompetensi kurikuler diintegrasikan di dalamnya, kemudian dijabarkan melalui potongan demi bab.

    Download Buku Sekolah Menengah kejuruan Bisnis Manajemen Kesekretarisan

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Bisnis Manajemen Kesekretarisan ini silahkan lihat preview salah satu buku dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:

    Buku Sekolah Menengah kejuruan Bisnis Manajemen Kesekretarisan



    Download File:
    Guru Sekolah Menengah kejuruan Bisnis Manajemen - Kesekretarisan - Jilid 1.pdf
    Guru Sekolah Menengah kejuruan Bisnis Manajemen - Kesekretarisan - Jilid 2.pdf
    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Sekolah Menengah kejuruan Bisnis Manajemen Kesekretarisan. Semoga dapat bermanfaat.
    Advertisement