2022

Panduan Sispena-Sm (Sekolah - Madrasah)

Panduan Sispena-Sm (Sekolah - Madrasah)
Panduan Sispena-Sm (Sekolah - Madrasah)
Berikut ini yakni berkas Panduan SIsPenA-SM (Sekolah - Madrasah). Download file format PDF.

 Berikut ini yakni berkas Panduan SIsPenA Panduan SIsPenA-SM (Sekolah - Madrasah)
Panduan SIsPenA-SM (Sekolah - Madrasah)

Panduan SIsPenA-SM (Sekolah - Madrasah)

Berikut ini kutipan teks dari isi berkas Panduan SIsPenA-SM (Sekolah - Madrasah):
Panduan SIsPenA-SM (Sekolah - Madrasah). Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah.

Tutorial ini akan memperlihatkan pemahaman kepada Sekolah/Madrasah bagaimana memakai aplikasi Sispena-S/M (Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah/Madrasah.)

Aplikasi Sispena-S/M yakni aplikasi evaluasi pengukuhan yang berbasis web, dimana sanggup jalan masuk dimana saja, kapan saja dengan syarat terhubung dengan internet. Selain sanggup diakses memakai Laptop atau komputer aplikasi juga sanggup diakses memakai handphone ataupun device yang resolusinya lebih kecil.

Adapun langkah-langkah untuk mengakses atau memakai aplikasi Sispena-S/M yaitu:
  1. Buka url: bansm.kemdikbud.go.id/sispena di halaman browser.
  2. Atau sanggup klik link banner Sispena-S/M yang terdapat di sebelah kiri bawah website http://bansm.kemdikbud.go.id 
  3. Akan muncul halaman login 
  4. Selanjutnya masukkan user (NPSN) dan password yang dimiliki. Untuk password default yakni NPSN juga
  5. Masukkan instruksi pengaman yang muncul secara acak pada form di bawahnya. dan klik link di sini untuk mengganti instruksi yang muncul apabila instruksi tidak jelas
  6. Kalau sudah user password dan instruksi pengaman terisi klik
  7. Apabila berhasil masuk maka, Sistem akan pribadi menampilkan jendela form identitas sekolah yang sebagian besar telah terisi dari data dapodik/EMIS. 
  8. Khusus untuk Jenjang SMK, terdapat form isian agenda keahlian yang sanggup diisi lebih dari satu agenda keahlian.
  9. Selain itu, data yang wajib diisi sekolah yakni status pengukuhan terakhir, tahun pengukuhan serta visi dan misi.
  10. Setelah terisi selanjutnya klik Submit
  11. Selanjutnya sekolah mengklik Menu Data Isian Akreditasi atau DIA yang ada disamping kiri untuk memulai proses penginputan isian akreditasi.
  12. Terdapat beberapa sajian pada isian pengukuhan diantaranya: Pernyataan Kepala Sekolah/Madrasah, Pemutakhiran data, Prasyarat Akreditasi, Data Isian Akreditasi, dan Kartu Kendali. 
  13. Langkah awal pengisian DIA klik sajian Pernyataan Kepala Sekolah
  14. Akan muncul jendela Form Upload Pernyataan Kepala Sekolah
  15. Klik tombol download (unduh) format, apabila belum mempunyai format pernyataan kepala sekolah/madrasah, kemudian Save (Simpan). 
  16. Isilah format pernyataan kepala sekolah yang telah didownload.
  17. Setelah format tersebut diisi, ditandatangan dan distempel, selanjutnya discan/dipindai dan dimasukan ke dalam Sispena-S/M dengan mengklik Tombol Choose File (Pilih File) kemudian tekan tombol Simpan.
  18. Apabila file sudah terkirim ke dalam sistem, maka akan muncul tombol sudah terunggah.
  19. Tombol sudah terunggah akan mendownload file yang telah kita masukkan ke dalam sistem. Apabila file tersebut ingin diperbaharui atau diganti maka klik kembali Choose File untuk menentukan file.
  20. Apabila telah selesai klik sajian Pemutakhiran Data pada susunan sajian DIA yang ada di Sispena-S/M.
  21. Ketika kita mengklik sajian Pemutakhiran Data akan muncul submenu ibarat siswa, mata pelajaran, guru tenaga kependidikan, sarana dan prasarana.
  22. Sebagai catatan penting dan untuk diketahui bersama, pemutakhiran data yakni proses untuk mengambil data sekolah/madrasah yang bersangkutan dari data dapodik melalui PDSPK Kemdikbud untuk Sekolah dan EMIS Kemenag untuk Madrasah. Data tersebut dipakai sebagai data tumpuan penginputan isian pengukuhan pada Sispena-S/M. 
  23. Klik sajian Siswa untuk mendapat data siswa sekolah dari dapodik/EMIS.
  24. Akan muncul jendela yang berisi sajian pengambilan data dan daftar yang masih kosong. Selanjutnya klik Tombol Ambil data Dapodik/EMIS.
  25. Proses Ambil data Dapodik/EMIS siswa akan pribadi dilakukan, dan apabila berhasil maka akan muncul data Rombongan Belajar dan Siswa serta tingkatnya ibarat terlihat pada gambar di bawah ini.
  26. Lakukan hal yang sama pada sajian selanjutnya. Klik sajian Mata pelajaran untuk mengambil data dari dapodik/EMIS untuk tumpuan ke Sispena-S/M. Lalu klik tombol Ambil data Dapodik/EMIS.
  27. Klik sajian mata Pelajaran untuk mengambil data dari dapodik/EMIS untuk tumpuan ke Sispena-S/M. Lalu klik tombol Ambil data Dapodik/EMIS.
  28. Klik sajian Guru Tenaga Kerja untuk mengambil data dari dapodik/EMIS untuk tumpuan ke Sispena-S/M. Lalu klik tombol Ambil data Dapodik/EMIS. 
  29. Klik sajian Sarana untuk mengambil data dari dapodik/EMIS untuk tumpuan ke Sispena-S/M. Lalu klik tombol Ambil data Dapodik/EMIS.
  30. Klik sajian Prasaran untuk mengambil data dari dapodik/EMIS untuk tumpuan ke Sispena-S/M. Lalu klik tombbol Ambil data Dapodik/EMIS.
  31. Untuk langkah selanjutnya klik Lanjut Prasyarat pada sajian yang terdapat di jendela Pemutakhiran data atau sanggup mengklik Prasyarat Akreditasi pada sajian yang terdapat di Data Isian Akreditasi (DIA).

    Download Panduan SIsPenA-SM (Sekolah - Madrasah)

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Panduan SIsPenA-SM (Sekolah - Madrasah) ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Panduan SIsPenA-SM (Sekolah - Madrasah)



    Download File:
    Panduan SisPenA-SM (Sekolah-Madrasah).pdf

    Sumber: http://bansm.kemdikbud.go.id

    Demikian yang sanggup kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Panduan SIsPenA-SM (Sekolah - Madrasah). Semoga sanggup bermanfaat.
    Advertisement