Soal MID pecahan ke-4 merupakan lanjutan Contoh Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban pecahan ketiga (soal nomor 21-30), dan untuk pecahan keempat dimulai dari soal nomor 31.
31. Perhatikan wacana berikut!
Buku ini berjudul Matematika Aplikasi yang diperuntuhkan untuk Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XII acara studi ilmu alam, biar sanggup dipelajari sebagai sumber pengetahuan dan siswa sanggup mendalami pelajaran matematika secara luas. Buku ini ditulis oleh Pesta E. S. dan Cecep Anwar H, F, S dimana dalam buku ini siswa sanggup berguru aktif melalui acara di kelas, gamemath dan siapa berani.
Buku ini tergolong buku pelajaran yang materinya disajikan dengan bahasa yang lugas dan ilustrasi yang menarik. Buku ini berbalur ungkapan santun dengan bahasa yang komunikatif sehingga gampang dipahamioleh siswa. Selain itu, buku ini juga didukung dengan tampilan tata letak yang baik, desain dan ilustrasi yang menarik dengan memperhatikan tingkat pemahaman siswa.
Kutipan buku nonfiksi tersebut memaparkan perihal ….
a. identitas buku dan ikhtisar isi buku
b. ikhtisar isi buku dan kekurangan buku
c. identitas buku dan kelebihan buku
d. ikhtisar isi buku dan kelebihan buku
e. judul buku dan ikhtisar buku
Jawaban: c. identitas buku dan kelebihan buku
Pembahasan: pada paragraf pertama disebutkan judul dan nama pengarang, pada paragraf kedua dikatakan bahwa “buku ini tergolong buku pelajaran yang materinya disajukan dengan bahasa yang lugas dan ilustrasi yang menarik.
32. Perhatikan wacana berikut!
Buku ini mempunyai banyak keunggulan yang disajikan dibandingkan dengan buku lain, yakni mempunyai daftar simbol yang merupakan kumpulan simbol atau rotasi beserta penjelasannya yang dilengkapi nomor halaman kemunculannya. Memiliki info math yang disisipkan sebagai informasi untuk membuka wawasan sehingga tidak buta terhadap informasi matematika dan perkembangan teknologi. Memiliki glosarium yang disajikan untuk memahami istilah-istilah yang disusun secara alfabetis beserta penjelasannya. Memiliki indeks yang merupakan kumpulan istilah penting yang dilengkapi dengan nomor halaman kemunculan istilah dan disajikan secara alfabetis.
Berdasarkan kutipan resensi tersebut, kekuatan yang tidak dimiliki buku tersebut ialah ….
a. mempunyai kumpulan simbol yang merupakan kumpulan simbol atau rotasi beserta penjelasannya yang dilengkapi nomor halaman kemunculannya.
b. mempunyai informasi latar belakang matematikawan yang telah berjasa dengan menemukan banyak sekali macam teori yang kini ini dipakai dan dirasakan manfaatnya.
c. mempunyai info math yang disisipkan sebagai informasi untuk membuka wawasan sehingga tidak buta terhadap informasi matematika dan perkembangan teknologi
d. mempunyai glosarium yang disajikan untuk memahami istilah-istilah yang disusun secara alfabetis beserta penjelasannya.
Jawaban: b. mempunyai informasi latar belakang matematikawan yang telah berjasa dengan menemukan banyak sekali macam teori yang kini ini dipakai dan dirasakan manfaatnya.
Pembahasan: wacana tersebut tidak membahas perihal biografi para matematikawan.
33. Perhatikan wacana berikut!
Buku bersampul hijau dan kuning ini berisi 196 halaman dan terdapat 8 bab, 4 pecahan pada pembahasan pertama, 4 pecahan lainnya pada pembahasan kedua. Pada pembahasan pertama yaitu kegiatan bersama, Bab I tertulis pada halaman 1, Bab II terdapat pada halaman 25, Bab III (Keperluan Hidup) tertuang dalam halamn 47, Bab IV berisi “Melejitkan potensi diri” tertulis pada halaman 73, Pada pembahasan yang kedua yaitu Bab V pada halaman 103 membahas menghargai kreativitas, Bab VI membahas perihal “Budaya Daerah” Bab ini tertulis pada halaman 125, Bab VII membahas perihal “Menguasai ILmu Pengetahuan” Bab VIII membahas perihal “Kegiatan Berkesan”. Pada simpulan buku ini terdapat Epilog ditulis pada sampul belakang.
Kutipan resensi tersebut memaparkan perihal ….
a. identitas buku
b. ikhtisar isi buku
c. kelebihan dan kekurangan buku
d. kesimpulan
e. judul buku
Jawaban: c. kelebihan dan kekurangan buku
Pembahasan: wacana tersebut membahas satu per satu pecahan pada buku tersebut.
34. Berikut bentuk karangan nonfiksi, kecuali ….
a. fakta
b. realita
c. benar
d. terjadi
e. opini
Jawaban: e. opini
Pembahasan: karangan nonfiksi bersifat nyata, sehingga mengandung fakta, realita, dan benar-benar terjadi.
35. Tulislah nonfiktif biasanya berbentuk …
a. laporan
b. artikel
c. feature
d. novel
e. skripsi
Jawaban: a. laporan
Pembahasan: karangan yang berbentuk faktual biasanya ditulis ibarat artikel.
36. Bahasa yang dipakai dalam buku nonfiksi ialah ….
a. konotatif
b. denotatif
c. kalimat pasif
d. ambigu
e. bermakna ganda
Jawaban: b. denotatif
Pembahasan: bahasa yang ada dalam buku nonfisi memakai bahasa yang mempunyai makna yang sebenarnya.
37. Berikut yang termasuk buku nonfiksi ialah ….
a. artikel
b. novel
c.cerpen
d. puisi
e. komik
Jawaban: a. artikel
Pembahasan:
Buku nonfiksi ialah buku yang mempunyai karangan makna yang sebenarnya.
38. Makalah termasuk buku ….
a. artikel
b. nonfiksi
c. fiksi
d. fabel
e. novel
Jawaban: b. nonfiksi
Pembahasan: makalah merupakan karangan ilmiahyang benar melalui adanya sebuah penelitian.
39. Berikut yang bukan ciri goresan pena nonfiksi ialah ….
a. berbentuk goresan pena ilmiah
b. berusaha mencapai tahap objektivitas yang tinggi
c. berusaha menarik
d. bahasa bersifat konotatif
e. menggugah nalar
Jawaban: d. bahasa bersifat konotatif
Pembahasan:
Ciri goresan pena nonfiksi ialah berbentuk goresan pena ilmiah, berusaha mencapai taraf objektivitas yang tinggi berusaha menarik dan menggugah nalar.
40. Buku yang berisi perihal pengembangan menurut dari data-data yang otentik atau niscaya disebut ….
a. nonfiksi murni
b. nonfiksi kreatif
c. fiksi melayu
d. fiksi sastra
e. nonfiksi campuran
Jawaban: a. nonfiksi murni
Pembahasan:
Buku nonfiksi murni ialah buku yang berisi perihal pengembangan menurut dari data-data yang otentik atau pasti.
Lanjut ke soal nomor 41-50 => Contoh Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Part-5
31. Perhatikan wacana berikut!
Buku ini berjudul Matematika Aplikasi yang diperuntuhkan untuk Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XII acara studi ilmu alam, biar sanggup dipelajari sebagai sumber pengetahuan dan siswa sanggup mendalami pelajaran matematika secara luas. Buku ini ditulis oleh Pesta E. S. dan Cecep Anwar H, F, S dimana dalam buku ini siswa sanggup berguru aktif melalui acara di kelas, gamemath dan siapa berani.
Buku ini tergolong buku pelajaran yang materinya disajikan dengan bahasa yang lugas dan ilustrasi yang menarik. Buku ini berbalur ungkapan santun dengan bahasa yang komunikatif sehingga gampang dipahamioleh siswa. Selain itu, buku ini juga didukung dengan tampilan tata letak yang baik, desain dan ilustrasi yang menarik dengan memperhatikan tingkat pemahaman siswa.
Kutipan buku nonfiksi tersebut memaparkan perihal ….
a. identitas buku dan ikhtisar isi buku
b. ikhtisar isi buku dan kekurangan buku
c. identitas buku dan kelebihan buku
d. ikhtisar isi buku dan kelebihan buku
e. judul buku dan ikhtisar buku
Jawaban: c. identitas buku dan kelebihan buku
Pembahasan: pada paragraf pertama disebutkan judul dan nama pengarang, pada paragraf kedua dikatakan bahwa “buku ini tergolong buku pelajaran yang materinya disajukan dengan bahasa yang lugas dan ilustrasi yang menarik.
32. Perhatikan wacana berikut!
Buku ini mempunyai banyak keunggulan yang disajikan dibandingkan dengan buku lain, yakni mempunyai daftar simbol yang merupakan kumpulan simbol atau rotasi beserta penjelasannya yang dilengkapi nomor halaman kemunculannya. Memiliki info math yang disisipkan sebagai informasi untuk membuka wawasan sehingga tidak buta terhadap informasi matematika dan perkembangan teknologi. Memiliki glosarium yang disajikan untuk memahami istilah-istilah yang disusun secara alfabetis beserta penjelasannya. Memiliki indeks yang merupakan kumpulan istilah penting yang dilengkapi dengan nomor halaman kemunculan istilah dan disajikan secara alfabetis.
Berdasarkan kutipan resensi tersebut, kekuatan yang tidak dimiliki buku tersebut ialah ….
a. mempunyai kumpulan simbol yang merupakan kumpulan simbol atau rotasi beserta penjelasannya yang dilengkapi nomor halaman kemunculannya.
b. mempunyai informasi latar belakang matematikawan yang telah berjasa dengan menemukan banyak sekali macam teori yang kini ini dipakai dan dirasakan manfaatnya.
c. mempunyai info math yang disisipkan sebagai informasi untuk membuka wawasan sehingga tidak buta terhadap informasi matematika dan perkembangan teknologi
d. mempunyai glosarium yang disajikan untuk memahami istilah-istilah yang disusun secara alfabetis beserta penjelasannya.
Jawaban: b. mempunyai informasi latar belakang matematikawan yang telah berjasa dengan menemukan banyak sekali macam teori yang kini ini dipakai dan dirasakan manfaatnya.
Pembahasan: wacana tersebut tidak membahas perihal biografi para matematikawan.
33. Perhatikan wacana berikut!
Buku bersampul hijau dan kuning ini berisi 196 halaman dan terdapat 8 bab, 4 pecahan pada pembahasan pertama, 4 pecahan lainnya pada pembahasan kedua. Pada pembahasan pertama yaitu kegiatan bersama, Bab I tertulis pada halaman 1, Bab II terdapat pada halaman 25, Bab III (Keperluan Hidup) tertuang dalam halamn 47, Bab IV berisi “Melejitkan potensi diri” tertulis pada halaman 73, Pada pembahasan yang kedua yaitu Bab V pada halaman 103 membahas menghargai kreativitas, Bab VI membahas perihal “Budaya Daerah” Bab ini tertulis pada halaman 125, Bab VII membahas perihal “Menguasai ILmu Pengetahuan” Bab VIII membahas perihal “Kegiatan Berkesan”. Pada simpulan buku ini terdapat Epilog ditulis pada sampul belakang.
Kutipan resensi tersebut memaparkan perihal ….
a. identitas buku
b. ikhtisar isi buku
c. kelebihan dan kekurangan buku
d. kesimpulan
e. judul buku
Jawaban: c. kelebihan dan kekurangan buku
Pembahasan: wacana tersebut membahas satu per satu pecahan pada buku tersebut.
34. Berikut bentuk karangan nonfiksi, kecuali ….
a. fakta
b. realita
c. benar
d. terjadi
e. opini
Jawaban: e. opini
Pembahasan: karangan nonfiksi bersifat nyata, sehingga mengandung fakta, realita, dan benar-benar terjadi.
35. Tulislah nonfiktif biasanya berbentuk …
a. laporan
b. artikel
c. feature
d. novel
e. skripsi
Jawaban: a. laporan
Pembahasan: karangan yang berbentuk faktual biasanya ditulis ibarat artikel.
36. Bahasa yang dipakai dalam buku nonfiksi ialah ….
a. konotatif
b. denotatif
c. kalimat pasif
d. ambigu
e. bermakna ganda
Jawaban: b. denotatif
Pembahasan: bahasa yang ada dalam buku nonfisi memakai bahasa yang mempunyai makna yang sebenarnya.
37. Berikut yang termasuk buku nonfiksi ialah ….
a. artikel
b. novel
c.cerpen
d. puisi
e. komik
Jawaban: a. artikel
Pembahasan:
Buku nonfiksi ialah buku yang mempunyai karangan makna yang sebenarnya.
38. Makalah termasuk buku ….
a. artikel
b. nonfiksi
c. fiksi
d. fabel
e. novel
Jawaban: b. nonfiksi
Pembahasan: makalah merupakan karangan ilmiahyang benar melalui adanya sebuah penelitian.
39. Berikut yang bukan ciri goresan pena nonfiksi ialah ….
a. berbentuk goresan pena ilmiah
b. berusaha mencapai tahap objektivitas yang tinggi
c. berusaha menarik
d. bahasa bersifat konotatif
e. menggugah nalar
Jawaban: d. bahasa bersifat konotatif
Pembahasan:
Ciri goresan pena nonfiksi ialah berbentuk goresan pena ilmiah, berusaha mencapai taraf objektivitas yang tinggi berusaha menarik dan menggugah nalar.
40. Buku yang berisi perihal pengembangan menurut dari data-data yang otentik atau niscaya disebut ….
a. nonfiksi murni
b. nonfiksi kreatif
c. fiksi melayu
d. fiksi sastra
e. nonfiksi campuran
Jawaban: a. nonfiksi murni
Pembahasan:
Buku nonfiksi murni ialah buku yang berisi perihal pengembangan menurut dari data-data yang otentik atau pasti.
Lanjut ke soal nomor 41-50 => Contoh Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Part-5
Advertisement